Halaman

Kamis, 06 November 2014

Perkembangan Teknologi (Myo Armband Akan Menggantikan Fungsi Mouse dan Keyboard)







Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dalam dunia komputer-pun semakin maju, mulai dari teknologi layar sentuh, mouse dan keyboard wireless, yang tentu saja masih memiliki banyak kekurangan

Maka dari itu, para ahli melakukan pengembangan teknologi untuk membantu pekerjaan manusia yang meiliki mobilitas semakin tinggi. Salah satunya adalah Myo Armband. Perangkat berbentuk gelang ini diyakini akan menggeser fungsi mouse dan keyboard pada komputer.


Gesture control sedang popular sekarang ini, dengan mengikuti kinerja seperti Kinect Microsoft, berbagai perusahaan telah menciptakan device gesture control seperti Leap Motion, MYO dan yang terbaru adalah Camboard Pico.

Gesture Control merupakan teknologi pengendalian dengan mengenali pergerakan manusia sebagai inputnya. Sama halnya dengan touch screen, hanya saja dengan input yang berbeda, yakni pergerakan manusia.

Myo Armband diciptakan oleh  Thalmic labs, Ontario di Kanada. Perangkat yang berbentuk mirip gelang ini, mampu melakukan kontrol penuh terhadap komputer melalui gesture tangan. Perangkat ini mirip dengan Microsoft Kinect. Perbedaannya Microsoft kinect mengandalkan sebuah kamera untuk mendeteksi gerakan tangan. Sedangkan Myo Armband menggunakan sensor yang mampu mendeteksi gerakan tangan.

Gelang canggih ini memiliki sensor yang mampu  mendeteksi gerakan dan aktivitas pada tangan penggunanya. Myo Armband memiliki sensor yang  memastikan sebuah gerakan tangan tertentu dan menginstruksikannya pada layar melalui koneksi bluetooth 4.0.
Myo Armband dilengkapi dengan baterry Lithium Ion dan mampu digunakan dalam waktu seharian hanya dalam sekali charge. Untuk beratnya, tidak berbeda jauh dengan sebuah jam tangan. Gelang canggih ini kompatibel dengan beberapa OS seperti Windows, Android, Mac dan  iOS. Rencananya gelang canggih ini akan diluncurkan pada bulan September.

Referensi :

-FEBISARFINA- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar