Halaman

Senin, 11 Juni 2012

Manusia dan Tanggung Jawab

     Oke, di malam ini dengan rasa capek yang luar biasa dan rasa mager (malas gerak) yang sangat keterlaluan, saya tetap menyempatkan diri saya untuk membuka laptop dan mengerjakan kewajiban saya untuk menyelesaikan tugas. Inilah kewajiban saya sebagai mahasiswi yang tugas itu seperti tiada habisnya, dapat dibilang tugas itu enggan untuk pergi. Ya tetapi, inilah tugas mahasiswa/i. Inilah kewajiban kita. Ya ingin sukses, ya harus belajar. Oke kali ini saya akan membahas tentang tanggung jawab. Sebelum membahas lebih jauh tentang rasa tanggung jawab. Saya ingin berterima kasih dulu, untuk mama dan papa yang telah merawat dan membesarkan saya sampai sebesar ini dan selalu memberikan pelajaran berharga dan bermanfaat setiap harinya. Salah satunya tema postingan saya kali ini yaitu tanggung jawab.

      “Jangan lupa gosok gigi sebelum tidur, cuci kaki, dan cuci tangan” inilah kalimat yang sering diucapkan sama mama papa sewaktu aku masih duduk dibangku sekolah dasar. Ya, mama papa menanamkan rasa tanggung jawab kepada saya sedini mungkin, agar saya mempunyai rasa tanggung jawab untuk merawat gigi saya.


      Itu waktu aku masih kecil, menginjak usia remaja. Nah tanggung jawab terhadap diri sendiri otomatis lebih besar. Karena usia remaja itu adalah masa-masa dimana tingkat emosional kita sulit terkontrol. Nah disini mama papa, memberi petuahnya lagi, agar saya tetap menyadari hak dan kewajiban saya. Aduh saya jadi ingat kalimat di postingan saya yang lalu. Yang kalimatnya seperti ini:
“semua yang kita lakukan didunia, akan dipertanggung jawabkan diakhirat” 

      Wah dengar kata-katanya saja, kelihatan bahwa rasa tanggung jawab itu berat.Tapi memang itu adanya, maka dari itu harus kita biasakan. Kan tidak selamanya apa yang kita lakukan berjalan mulus terus dan sesuai apa yang kita inginkan. Pasti ada masalah dan menghadapi resiko yang kita ambil disetiap tindakan kita. Tapi kita sebagai manusia ya harus bisa dan harus mampu mempertanggungjawabkan perbuatan yang kita lakukan.

     "Rasa tanggung jawab memang berat tapi bila dilakukan dengan rasa ikhlas akan terasa ringan"


 -FEBI SARFINA-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar