A.Interaksi manusia dan komputer
Interaksi
manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI)
adalah disiplin ilmu
yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan
implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan
oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk
merancang pesan elektronik.
Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog
dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer
yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah
antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Sistem harus sesuai
dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai
pemakai.
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan
interaksi dengan komputer :
- Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
- Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
- Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
Bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka
komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan
sebuah antarmuka adalah :
- Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
- Metode implementasi antarmuka.
- Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
- Pengembangan antarmuka baru.
- Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Contoh
Dalam interaksi manusia dengan komputer terdapat
beberapa panca indera digunakan untuk dapat berinteraksi :Manusia mewujudkan fisiologi yang diperlukan untuk menyerap
informasi dalam bentuk suara. Sama
seperti mata dapat melihat berbagai variasi cahaya - rona, briteness, kontras - telinga mampu penginderaan array yang luas dari suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran kemudian dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek,
atau gagasan abstrak. Paling sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai
pidato atau musik, dan memang ini akan terus di Internet. Audio konten juga umumnya dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan
informasi, dan penggunaan ini juga akan terus di Internet.
Contoh: Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf (EKG) berbunyi 'bip' dalam irama ke
jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik
merata-spasi dalam kode Morse. Semua ini
adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin
dalam rangka berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk
komunikasi dominan, suara memainkan peran penting dalam hidup kita.
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan
interaksi dengan komputer :
- Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
- Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
- Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka
komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan
sebuah antarmuka adalah
Media antarmuka manusia dan
komputer
- Media Tekstual
Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara
manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”. Salah satu
contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa
pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.[5]
- Media GUI (Graphical User Interface)
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia
dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka
manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).
Tujuan
interaksi manusia dengan komputer
- Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan
komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia
bekerja pada sebuah sistem komputer.Para perancang antarmuka manusia dan
komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab
dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap
dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang
menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut
tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa
kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita
lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu
pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat
suatu pekerjaan.
B. GANGGUAN BELAJAR PADA ANAK
Gangguan Belajar
(Learning Disorder) adalah suatu gangguan neurologis yang mempengaruhi
kemampuan untuk menerima, memproses, menganalisis atau menyimpan informasi.
Anak dengan Gangguan Belajar mungkin mempunyai tingkat intelegensia yang sama
atau bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan teman sebayanya, tetapi sering berjuang
untuk belajar secepat orang di sekitar mereka. Masalah yang terkait dengan
kesehatan mental dan gangguan belajar yaitu kesulitan dalam membaca, menulis,
mengeja, mengingat, penalaran, serta keterampilan motorik dan masalah dalam
matematika.
C. Jenis Gangguan Belajar
Berikut ini jenis-jenis gangguan
belajar pada anak, antara lain:
1.
Disleksia (Dyslexia)
2. Disgrafia (Dysgraphia)
3. Gangguan pendengaran dan
proses visual (Auditory and visual processing disorders)
4. Ketidakmampuan belajar
nonverbal (Nonverbal Learning Disabilitie)
5. Gangguan bahasa spesifik (Specific Language Impairment (SLI)
6. Diskalkulia (Dyscalculia)
Untuk
seseorang dengan diskalkulia sering mengalami kesulitan memecahkan masalah
matematika dan menangkap konsep-konsep dasar aritmatika. Berikut ini pembahasan
mengenai kesulitan belajar berhitung atau lebih dikenal dengan dyscalculia.
Referensi:
-FEBISARFINA-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar